Friday, August 1, 2014

Sebenarnya Siapa sih Sasaeng Fans Itu?

sasaeng fans

Halo Kpopers! Kalian tentunya sudah tau kan siapa itu sasaeng fans? Yap! Betul sekali sasaeng fans (사생 팬) secara luas dikenal sebagai penggemar sangat sangat terobsesi oleh idola mereka. Soompi menggambarkan sasaeng fans sebagai fans ekstrem yang mengikuti kemana pun idola mereka pergi dan menyerang privasi mereka dengan cara yang tidak masuk akal.

Sebenarnya apa itu Sasaeng Fans?

  • Pada awalnya dimulai dengan sekelompok orang yang datang bersama-sama. Mereka masing-masing bergantian mengintai idola mereka di berbagai tempat, terutama asrama idola mereka, tempat rekaman radio, kantor agensi, dll. Ketika mereka melihat idola meninggalkan suatu daerah, mereka akan mengirim pesan kepada yang lain dan berkata "datang ke (...........) sekarang, mereka sudah meninggalkan tempat."

  • Sasaeng Fans sampai ke tempat tujuan para idola lebih cepat daripada idola mereka sendiri. Para idola dan manajer bahkan tahu beberapa wajah kelompok sasaeng fans dan nama. Sasaeng Fans selalu mencoba  memegang idola, bersumpah dan menghina mereka, menyentuh mereka pada 'area' yang tidak tepat, memukul idola, dan mengikuti mereka kemana-mana. Mereka akan mengetuk van manajer supaya membuka jendela, menampar wajah idola 'untuk meninggalkan tanda, mencabut rambut mereka, dll. Oleh karena itu para manajer harus terus-menerus melindungi idola mereka ini dari bahaya dan penganiayaan. 

  • Sasaeng Fans mengikuti idola merekadengan taksi. Pada dasarnya, para fans harus membayar sopir taksi dengan sangat mahal, dan sebagai balasannya mereka mengikuti idola tertentu selama dua puluh empat jam. 

  • Sasaeng Fans juga dikenal sering mengirimkan gambar telanjang kepada idola, membobol rumah mereka (dan seperti satu insiden terkenal: pipis di handuk mereka dan menggantungnya di rak), mengirim "hadiah" seperti menulis surat dengan darah menstruasi atau mengirim pembalut bekas menstruasi mereka, dll. 

Pertanyaannya :
  1. Darimana para sasaeng fans mendapat no telepon para idola?
  2. Bagaimana para sasaeng fans membayar supir taksi?

Sebenarnya di Korea Selatan sana banyak orang yang menjual no telepon para artis. Hal tersebut dapat dengan mudah di dapatkan di situs-situs jual beli no telepon artis di Korea. Biasanya para penjual mendapatkan no telepon artis tersebut dari 'orang dalam'.

Kemudian bagaimana para sasaeng fans bisa membayar mahal para supir taksi? Perlu diketahui bahwa di negara ginseng tersebut banyak sekali jasa taksi sasaeng. Mereka sering 'mangkal' di depan kantor agensi, di sekitar gedung stasiun tv, bahkan di sekitar asrama para artis. 

Harga yang ditawarkan pun sangat mahal. Karena para supir taksi harus mempertaruhkan nyawa untuk menyetir secepat mungkin agar bisa mengikuti para artis.

Kebanyakan sasaeng fans adalah seorang pelajar. Mereka banyak yang putus sekolah karena sering bolos untuk mengikuti idola mereka. Bahkan banyak dari mereka yang rela tidak pulang ke rumah demi mengikuti idola mereka dan tidur di depan asrama idola.

Hal yang mereka lakukan untuk membayar supir taksi biasanya mereka 'menggunakan badan' mereka. Dengan harga yang sangat tinggi dan status mereka yang masih seorang pelajar tentu saja mereka tidak mempunyai banyak uang sehingga banyak sekali sasaeng fans yang melakukan prostitusi.

Beberapa hal tidak masuk akal yang dilakukan oleh sasaeng fans :
  1. Mengikuti kemana pun, kapan pun idola mereka pergi
  2. Sasaeng fans menarik, mendorong, dan menampar idola mereka dengan harapan para idola mengingat mereka.
  3. Menunggu dan tidur di depan rumah atau asrama idola.
  4. Memanjat balkon rumah atau asrama idola.
  5. Mengirim atau meninggalkan pembalut yang sudah dipakai di depan pintu asrama idola.
  6. Mendobrak pintu asrama, mencuri barang-barang idola, mengobrak-abrik asrama idola, buang air besar di asrama idola.
  7. Mereka tanpa ragu masuk ke asrama idola.
  8. Bahkan menyewa mobil vans yang sama untuk menculik idola mereka.

Sebenarnya sah-sah saja kita mengagumi sesorang, tapi tidak sewajarnya kita sampai melakukan hal-hal yang tidak masuk akal.


source : wikipedia

Post A Comment
EmoticonEmoticon